Cara Aman Menggunakan Komputer Tanpa Terserang Virus

Cara Aman Menggunakan Komputer Tanpa Terserang Virus - Perangkat laptop / Komputer / pc sekarang merupakan alat penting yang membantu aktivitas sobat di kantor. maka,  sudah semestinya sobat juga giat merawat dan menjaganya sebaik mungkin biar PC tak mudah rusak. ada 2 bagian kerusakan di PC, yang terutama adalah kerusakan di hardware (perangkat keras) dan juga software (perangkat lunak).

Cara Aman Menggunakan Komputer Tanpa Terserang Virus

Hubungannya dengan faktor kerusakan perangkat lunak atau software adalah munculnya serangan virus PC. jadi, gimana sih sebenarnya cara mengatasi dan menghapus virus PC tersebut? inilah ulasan yang akan sedikit menerangkan gimana sih cara mengoperasikan PC tanpa virus yang merusak.

Dengan menggunakan Antivirus

PC sobat suka terkena virus...? ada berbagai cara untuk mencegahnya, cara utama adalah:
  • Menginstal Antivirus di PC. ada berbagai Antivirus yang bisa sobat manfaatkan contohnya avira, avg, pcmav, dan lain sebagainya. Antivirus sebetulnya cukup efektif untuk menangkal virus yang berupaya masuk ke PC sobat sewaktu mengakses website tertentu, namun tidak demikian setelah virus masuk dan merusak system operasi pc sobat dari installer tertentu yang berjalan memakai rootkit /cara yang lebih hebat. Antivirus juga tak akan bisa digunakan jika virus tersebut mematikan PC sobat secara automatis beberapa kali sobat menjalankan aplikasi tertentu yang diindikasi virus tersebut dan membersihkan semua operasi yang berjalan secara automatis sewaktu start up dan booting dan ternyata Antivirus berulangkali  justru menambah masalah. beberapa hal yang umum disebabkan Antivirus yaitu sebagai berikut:
  • Software tertentu dan windows akan menjadi lambat dan lelet .
  • Yang dihapus hanya file yang tertular saja, tetapi virusnya tidak.
  • Semakin besar kapasitas harddisk semakin lama operasi dan proses scanning bekerja.
  • Terjadi lelet sewaktu memeriksa PC sobat karena mengakses file kompresi(rar,tar,7zip,jar,dll).
  • File kompresi dihapus semuanya padahal cuma 1 aplikasi di dinya yang dicurigai virus
  • File program tertentu disangka virus dan terhapus oleh Antivirus maka menyebabkan program tersebut tak bisa digunakan dan sobat harus menginstalnya lagi seperti awal (ansav dan pcmav membersihkan folder,file,program dan sebagainya yang berada di real player dan di game dari popcap).
  • Menganggap file menjadi virus.
  • Antivirus tak bisa dihentikan setelah virus masuk.
  • Virus tak terlihat dan berasal aplikasi tertentu yang didownload dari internet. contohnya dan virus sebagainya yang mengoperasikan rootkit dan merupakankan aplikasi/installer tertentu menjadi media penularannya.
  • Harus terus diupdate dan bertambah ukuran databasenya untuk mengatasi virus baru atau yang belum dikenali.
  • Tak bisa menampilkan kembali file yang diubah attributnya oleh virus dihal file tersebut masih ada.
Note: Untuk memperbaikinya, gunakan Antivirus yang lebih bagus atau jangan gunakan Antivirus sama sekali dan cari cara sebagainya yang lebih efektif.

Bila sobat memakai Antivirus perhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. Pake ram minimal lebih dari spesifikasi yang tertulis.
  2. Disable update automatis, lebih baik periksa update secara manual beberapa bulan.
  3. Kurangi program/aplikasi yang berjalan di background.Cobalah pake satu Antivirus saja yang paling sobat percaya dan gunakan aplikasi sebagainya untuk melengkapinya.
  4. Cek lagi untuk memastikan tak ada virus dan copot perangkat portable dari PC dan disable sementara Antivirus sewaktu mengoperasikan aplikasi tertentu yang terbilang berat.
  5. fasilitas windows
  6. Untuk Antivirus,sobat bisa mengoperasikan system restore di windows. system restore menyimpan
  7. Lamgkah selanjutnya setelah sobat memasang program dilanjutkan memakai memulihkan sytem operasi dan partisi(local disk) yang sudah sobat tentukan memakai cara membersihkan program yang sudah ada. terlebih dulu sobat menginstal program dan memulihkan semua file aplikasi(.exe) contohnya semula, file dan folder yang telah terhapus tak akan nongol kembali.
Cara terbaik untuk mengaktifkan system restore:
  1. Tekan start => all programs => accessories => system tools => system restore
  2. Tekan system restore setting untuk melihat dan merubah system restore setting.
  3. Turn off system restore on all drives untuk menonaktifkan system retore di semua drive
  4. cara mengoperasikan system restore yang akurat adalah:
  5. instal aplikasi.
  6. non aktifkan system restoreMengaktifkan lagi system restore
  7. Sementara itu sobat bisa menjalankan fasilitas backup di windows yang terletak di posisi yang sama memakai system recovery di start menu.
Demikianlah ulasan kali ini semoga tips mengenai cara aman mengoperasikan PC tanpa virus ini bisa berguna bagi sobat semua.

Related Posts

Cara Aman Menggunakan Komputer Tanpa Terserang Virus
4/ 5
Oleh